Sep 5, 2001

Pasar Wisata Indonesia 2001: Jumpai seluruh Indonesia di bawah satu atap

Jakarta, 5 September 2001 - Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Pontjo Sutowo pada acara jumpa pers mengumumkan akan berlangsungnya acara tahunan Pasar Wisata Indonesia (Tourism Indonesia Mart & Expo/TIME) yang ke delapan di Balai Sidang Jakarta (Jakarta Convention Center/JCC) dari tanggal 11 hingga 15 September 2001.

"Sebagai 'trade mark' kepariwisataan Indonesia, TIME menjadi arena untuk menampilkan keanekaragaman produk-produk wisata unggulan Indonesia kepada dunia luar, yang setiap tahun produk tertentu akan ditonjolkan dan tahun 2001 ini bertemakan wisata petualangan ('adventure')", kata Pontjo Sutowo.

Untuk mendukung tema "Adventure Tourism: Uniquely Indonesian" ("Wisata Petualangan: Khas Indonesia"), pada tanggal 12 September 2001 untuk para delegasi akan diadakan Diskusi Panel dengan fokus Adventure & Marine. Dalam Diskusi Panel akan dibahas peluang bisnis ataupun prospek untuk membuat paket wisata eco-adventure dan membicarakan produk dan pelayanan pemakaian kapal tradisional, non-tradisional. Para pembicara yang akan hadir: dari Departemen Kehutanan: S. Sekartjakrarini, spesialis eco-tourism planning; Wardhono Saleh, President Direktur Taman Nasional Ujung Kulon, dari industri kelautan: William Robin Engel dari SongLine Cruises of Indonesia, Safri Baharuddin dari Departemen Kelautan, Horst Liebner dari Universitas Hasanuddin, dan Guido Brink, Dick Bergsma, Steve dari OPWAL dan Lawrence Blair penulis "Ring of Fire".

TIME 2001 ini selain merupakan ajang pertemuan antara buyer dengan seller bertujuan untuk mempromosikan seluruh Indonesia di bawah satu atap: "Meet All of Indonesia Under One Roof" kepada para potensial buyer dari seluruh dunia yang tertarik pada pariwisata di Indonesia. Yang telah mendaftar sebagai peserta buyer TIME 2001 datang dari: Australia, Belgia, Kanada, Hong Kong, Hungaria, India, Indonesia, Korea,

Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Swiss, Belanda, Amerika Serikat, UK. Jumlah buyer sampai hari ini tercatat: 96 delegasi dari 20 negara.

Profil para seller TIME 2001 ini adalah pelaku bisnis yang beroperasi di seluruh daerah di Indonesia yang menawarkan produk dan layanan wisata dari penerbangan, kota tujuan, tempat wisata, paket wisata adventure, paket penerbangan, paket pelayaran, paket bisnis travel, organizer untuk convention/conference/exhibition, corporate travel, penginapan di hotel, dan banyak lagi, terutama produk dan layanan yang mendukung pariwisata dan dunia travel. Jumlah seller yang telah terdaftar: 168 delegasi dari 15 propinsi.

Meity Robot, Ketua Panitia Penyelenggara TIME 2001 mengatakan: "Memang dalam waktu dekat, bulan Januari 2002 nanti, telah dijadwalkan acara kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Yogyakarta, namun saya percaya bahwa acara tahunan TIME ini tetap penting untuk diadakan."

Meity menambahkan: "Dalam keadaan ekonomi yang belum memulih ini, Panitia Penyelenggara PWI 2001 telah memutuskan untuk melakukan penyesuaian biaya pendaftaran dan sewa stand, sehingga para seller kami kenakan biaya yang relatif rendah dan dalam mata uang rupiah."

Setelah para delegasi mendaftar pada tanggal 11 September 2001, TIME akan dimulai dengan tur dalam kota: Tur Belanja di Mangga Dua, dan dilanjutkan dengan penjadwalan pertemuan antara buyer dengan seller, dan acara resepsi "Selamat Datang" pada tanggal 12 September 2001 yang dijamu oleh Gubernur DKI Jakarta.

Bersamaan dengan berjalannya pertemuan antara buyer dan seller (travel mart), PWI 2001 juga menggelar expo (pameran) untuk produk atau jasa layanan yang berhubungan dengan dunia travel.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, TIME yang diselenggarakan oleh BPPI ini didukung sepenuhnya oleh sponsor utama: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah DKI Jakarta, Garuda Indonesia dan Pacto Convex (PCO). Pihak sponsor lain yang memberi dukungan terhadap TIME 2001 ini antara lain: Jakarta Convention Center (Balai Sidang Jakarta), Singapore Airlines, Merpati Nusantara Airlines, Pelita Air Service, Cathay Pacific, KLM, Qantas, Emirates, Air India, Jakarta International Hotel Association, The Regent Jakarta, Choice Hotels International, Aerowisata, Aston Hotel, Acacia Hotel, Standard Chartered Bank, dll.

TIME 2001 telah menyiapkan tur untuk para buyer serta pers internasional yang diundang ke berbagai tempat wisata di Indonesia.

==#==

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:
* Situs TIME 2001: www.pasarwisata.com
* Andi A. Rusli, Project Manager TIME 2001, Pacto Convex Ltd., tel. 570 5800; fax. 570 4855, 570 5798
* Ida Bayuni, Koordinator untuk Pers Nasional TIME 2001, BW Communications, tel. 527 3633-35 ext. 126; fax. 527 3633-35 ext. 109, hp. 0816 780 72531


No comments: