Dec 15, 2001

Sistem transportasi Sungai Singapura pertengahan 2002

14 Desember 2001 - Untuk pertama kalinya Singapura akan meluncurkan sistem transportasi sungai yang terintegrasi dengan ditunjuknya dua perusahaan yaitu Singapore River Cruises & Leisure Pte Ltd, dan Singapore Explorer Pte Ltd.

Sistem transportasi sungai yang dijadwalkan dapat digunakan mulai pertengahan 2002, merupakan sebuah alternatif transportasi untuk perjalanan sepanjang sungai Singapura. Selain akan menambah arus trafik, sistem transportasi ini akan membawa banyak kegiatan ke kawasan distrik sungai Singapura.

Sistem transportasi ini merupakan bagian dari rencana besar untuk kemudahan dan pemberdayaan distrik yang penting ini. Rencana ini dikoordinasi oleh Singapore Tourism Board (STB). Kepala STB Yeo Khee Leng menyatakan: "Sistem baru ini akan memberi alternatif transportasi untuk rakyat Singapura serta para wisatawan." "Bertambahnya mobilitas dan akses ini, dan dengan adanya kegiatan tahunan calendar event yang menarik, diharapkan arus trafik akan bertambah dan kegiatan bisnis akan menjadi lebih hidup di sepanjang sungai Singapura. Kami berharap untuk menghidupkan suasana sungai Singapura yang bersejarah ini dan untuk menjadi tempat tujuan wisata yang unggul."

Layanan transportasi sungai ini akan beroperasi di sepanjang sungai Singapura dari Kim Seng ke New Merlion Park, dan dari masing masing kedua tepi sungai Singapura tersebut. Kedua perusahaan yang ditunjuk akan memperkenalkan fitur baru untuk transportasi ini: custom-made, dengan AC, langit-langit yang terbuat dari gelas kaca. Sejumlah boat ini akan merupakan tambahan dari armada bumboat dan sampan yang sudah ada,

Rangkaian layanan yang tersedia termasuk: loop hop-on dan hop-off (loncat masuk dan loncat keluar), layanan express yang akan membawa penumpang ke tempat-tempat hiburan; layanan taksi yang membawa penumpang ke tempat pilihan masing-masing; layanan sightseeing dengan panduan narasi; dan *layanan sajian makanan dan minuman (*akan dimulai pada bulan Desember 2002). Sejumlah boat yang di rancang dengan langit-langit yang terbuat dari gelas kaca akan dipakai untuk layanan express dan loop services.

Kedua perusahaan yang mengelola sistem transportasi ini akan memberikan layanan yang sama. Singapore River Cruises & Leisure Pte Ltd melayani rute A, sementara Singapore Explorer melayani rute B. Layanan disediakan untuk beroperasi secara regular dari pukul 8 pagi hingga pukul 11.30 malam. Harga yang dikenakan dimulai dari 2 dollar Singapura. Untuk layanan sightseeing dapat dikombinasikan dengan wisata jalan kaki.

Selain sarana transportasi, menjelang akhir tahun depan, akan disediakan paket wisata khusus: paket wisata pesiar sightseeing yang juga akan menyajikan makanan dan minuman seperti: sarapan gourmet, makan siang, makan malam, dan sajian eksotis seperti sunset champagne dan wine. Dalam rencana juga sedang disiapkan paket yang bertema khusus untuk acara-acara spesial seperti: perkawinan, ulang tahun, pub-crawling dan lain-lain.

Layanan sistem transportasi yang terintegrasi ini merupakan sebuah revolusi baru baik untuk rakyat Singapura maupun untuk wisatawan. Untuk kemudahan akses, sebanyak 18 landing point (tempat mendarat) sepanjang sungai dibangun. Disetiap landing point, akan tersedia kiosk tiket, yang juga dapat dimanfaatkan untuk menjual minuman, cindera mata, buku panduan, majalah dan koran. Sambil menunggu, para penumpang dapat mencari informasi di landing point.

Kedua perusahaan yang akan mengoperasikan sistem transportasi ini akan bekerja sama dengan STB, agen pemerintah yang lain dan para anggota Singapore River Business Association demi untuk memberikan alternatif transportasi yang aman dan nyaman buat para penumpang.

No comments: