Mar 17, 2002

Parametric Technology menyumbang piranti lunak Pro/ENGINEER kepada Politeknik Manufaktur Bandung

Piranti lunak tersebut telah digunakan untuk praktikum mahasiswa dan pelatihan teknisi industri

Jakarta, 17 Maret 2002 - Para mahasiswa Politeknik (PolMan) Bandung sejak enam bulan lalu mendapat kemudahan dalam melakukan praktikum dengan hadirnya piranti lunak Pro/ENGINEER sumbangan dari Parametric Technology Corporation (PTC). Begitu juga para teknisi industri yang berlatih di Polman ikut menikmati fasilitas canggih tersebut.

Parametric Technology Corporation (PTC) USA, melalui representasinya PT. Parametrik Nusantara, telah menandatangani kerjasama dengan Politeknik Manufaktur (POLMAN) Bandung, pada 17 September 2001 lalu. PTC akan menginstal software Pro/ENGINEER versi educational sebanyak 30 lisensi yang masing-masing terdiri dari 80 modul. Di dunia industri, versi komersial dari software ini bernilai total kurang lebih US$300,000 untuk satu lisensinya. Saat ini lebih dari 31.000 perusahaan manufaktur di seluruh dunia telah mengaplikasikannya.

Implementasi software CAD/CAM yang canggih ini akan ditujukan untuk kepentingan pendidikan mahasiswa dan pelatihan teknisi industri di PolMan. Selanjutnya selain untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan/pelatihan dan engineering data yang menyangkut kegiatan Production Based Education (PBE) - yang selama ini dianut oleh Polman sebagai suatu pendekatan untuk penyelenggaraan praktikum mahasiswa - akan diintegrasikan ke dalam software Pro/ENGINEER agar dapat menghitung biaya produksi secara cepat dan tepat.

Meskipun dikatakan sebagai education version, pada kenyataannya justru software yang akan diimplementasikan ini sangat lengkap serta mempunyai kemampuan yang sangat tinggi untuk perancangan, simulasi dan proses manufacturing. Kecanggihan ini dapat digambarkan dari kemampuannya Mulai dari conceptual design - visualization - industrial design - layout - process capture - bill of material - process plans hingga functional simulation.

Dengan adanya satu single database, modul-modul di dalam Pro/ENGINEER secara terpadu mampu mendukung penerapan konsep concurrent engineering yang dipakai untuk merancang produk dengan kompleksitas tinggi dan banyak diterapkan di industri manufaktur modern. Karena software ini mempunyai kemampuan melakukan modeling yang optimal tanpa iterasi yang berkepanjangan maka perancangan manufaktur menjadi jauh lebih singkat dan pembuatan prototype yang berulang-ulang dapat dihindari. Hal ini sangat penting dalam industri manufaktur mengingat product life-cycle yang semakin pendek di era ini.

Dengan Pro/ENGINEER multi out-source dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat artinya perancangan dan manufaktur komponen-komponen suatu produk dapat dilakukan di berbagai lokasi dalam skala nasional maupun internasional pada saat bersamaan tanpa perlu mengalami kegagalan prototype ataupun kegagalan produk.

Terlihat disini bahwa kegiatan manufaktur yang menyeluruh mulai dari A hingga Z dapat dibantu dan ditampung oleh Pro/ENGINEER. Hal ini sangat bermanfaat bagi PolMan yang juga melakukan kegiatan perancangan, simulasi dan proses membuat mould, dies, jig & fixtures, produk tuangan, mesin perkakas, mesin umum, mesin pengolah kayu dan lainnya.

Kelengkapan piranti lunak ini dapat memberi kemudahan bagi mahasiswa dari semua jurusan dan sebagian besar unit kerja di PolMan. Langkah ini perlu dilakukan dalam rangka peningkatan kualifikasi lulusan perguruan tinggi di era globalisasi.


Dipersiapkan oleh Bizzcomm!

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
Nita
Politeknik Manufaktur Bandung
Telp. : (022) 725-0088
Fax : (022) 250-0246
E-mail : polman@melsa.net.id

No comments: