Mar 17, 2002

Sekilas tentang Parametric Technology Corporation (PTC)

Parametric Technology Corporation (PTC) adalah pengembang dan pemasok piranti lunak terkemuka di bidang CAD/CAM/CAE (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing/Computer Aided Engineering) dan PDM (Product Data Management). Piranti lunak ini digunakan untuk proses otomasi pengembangan produk dari tahap konsep rancangan sampai ke tahap manufakturing.

Di seluruh dunia, lebih dari 31.000 perusahaan telah menerapkan teknologi piranti lunak terintegrasi dari PTC untuk merampingkan proses rekayasa, memotong biaya pengembangan produk, mempercepat waktu produk sampai ke pasar dan meningkatkan kualitas produk. Strategi bisnis PTC menekankan pada kepeloporan teknologi, ratio harga terhadap performa yang agresif, ketidakbergantungan pada perangkat keras (hardware), distribusi produk di seluruh dunia dan dukungan layanan penuh kepada pelanggan.

Didirikan pada 1985, PTC didukung sekitar 4.800 karyawan di kantor pusatnya yang berlokasi di Waltham, Massachusetts, AS dan di kantor-kantor operasional lain yang tersebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Sejak 1988, saat peluncuran perdana produknya yang diberi nama Pro/ENGINEER, PTC dikenal sebagi perusahaan di bidang otomasi desain mekanik yang tercepat pertumbuhan bisnisnya. Lebih dari 186.000 unit piranti lunak Pro/ENGINEER telah diimplementasikan oleh berbagai perusahan di dunia, antara lain Caterpillar, ABB, AT&T, Lockheed Martin, Siemens, Motorola, Whirlpool, Pirelli, Cummins Engine, Mitsubishi Electric, Sanyo Group, Seiko Epson, Sharp, Toyota Astra Motor, Polytron, INKA, Maspion, Mattel Indonesia, Denso Indonesia dan lainnya.

Sebagai perusahaan publik yang sahamnya ditransaksikan di pasar modal (NASDAQ:PMTC), PTC bertumbuh pesat dengan pendapatan lebih dari US $ 1 miliar. Sepanjang 1997, PTC menduduki posisi terkemuka di industri CAD/CAM/CAE dalam hal pertumbuhan pendapatan piranti lunak dan jumlah unit piranti lunak yang terjual. Pada Januari 1998, PTC mengakuisisi Computervision Corporation yang berpusat di Bedford, Massachusetts, AS. Langkah ini memperluas basis pelanggan PTC dengan masuknya beberapa perusahaan manufakturing besar di bidang industri otomotif, ruang angkasa dan perkapalan ke dalam daftar pelanggan PTC.

Dalam majalah Business Week edisi 30 Maret 1998, PTC masuk dalam jajaran "perusahaan elit Amerika". Berdasarkan performansi bisnis dari masing-masing perusahaan, disusun ranking yang dikenal sebagai Business Week 50, yang menunjukkan peringkat perusahaan terbaik di 1997 dari sekumpulan perusahaan yang masuk dalam daftar Standar & Poor's 500. Di tahun pertama sejak bergabung dalam S&P 500, PTC berada di peringkat 37. Saat ini PTC adalah satu dari beberapa perusahaan piranti lunak independen terbesar di dunia.

No comments: