Jan 25, 2003

PT. Surya Palace menggelar kompetisi rancang grafis "SCOPA 2003"

Jakarta, 24 Januari, 2003 - PT. Surya Palacejaya (SPJ) selaku penyelenggara kompetisi rancang grafis SCOPA 2003 pada malam ini, bertempat di Intercontinental Mid Plaza Hotel, akan mengumumkan para juara yang berhak meraih award dan hadiah-hadiah menarik lainnya. Dari sebanyak 386 karya peserta yang masuk ke panitia, telah berhasil dipilih 15 karya terbaik. Sebagian besar peserta datang dari Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Peserta lomba dibagi menjadi 5 kategori, dimana para pemenang dan karya terpilih masing-masing kategori berhak atas hadiah uang tunai, trophy dan sertifikat. Dari seluruh karya yang masuk nominasi, akan dipilih satu karya terbaik yang berhak meraih trophy SCOPA 2003 plus hadiah uang tunai (Overall Winner). Penilaian pemenang dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional independen. Aspek yang dinilai oleh tim juri mencakup estetika, fungsi, keindahan, kualitas cetakan, kreativitas dan keaslian dari suatu karya. Pada kompetisi tahun ini, 3 juri yang ikut berkiprah dalam penilaian adalah Hanny Kardinata (design consultant dari Jakarta), Priyanto Sunarto (dosen Desain Grafis ITB Bandung) dan Drs. Lintang Widyokusumo, MFA (Ketua Jurusan Desain Grafis Universitas Bina Nusantara Jakarta).






Materi yang diikut sertakan pada kompetisi rancang grafis SCOPA 2003 adalah beragam barang cetakan dengan bahan utama kertas seperti brosur (brochure), leaflet, poster, laporan tahunan (annual report), profil usaha (company profile), kartu undangan (invitation card), kartu ucapan (greeting card) dan kalender (calendar). Untuk materi identitas bisnis (corporate identity) seperti amplop, kartu nama dan compliment card, berpeluang meraih "Conqueror Awards". Sedangkan "Yupo Award" akan dipersembahkan untuk karya terbaik yang menggunakan kertas Yupo dari Jepang.

Untuk yang keempat kalinya, PT. Surya Palacejaya (SPJ) menggelar kompetisi rancang grafis yang terbuka bagi warga negara Indonesia. Lomba yang digelar selama tiga tahun sekali ini bertajuk SCOPA 2003 - Surya Palacejaya Creative On Paper Awards 2003. Sebelumnya SPJ pernah menggelar Scopa 1995, Scopa Café Tenda 1998, dan terakhir Scopa Millenium 2000. Sebagai distributor kertas berkualitas, SPJ memiliki komitmen terhadap perkembangan dunia rancang grafis di Indonesia. Salah satunya adalah dalam bentuk penyelenggaraan kompetisi rancang grafis.

"Tujuan utama kami menggelar SCOPA 2003 adalah untuk turut serta mengembangkan seni rancang grafis di Indonesia dan merangsang kreativitas insan seni perancang grafis untuk tetap berkreasi, walau di masa krisis ekonomi sekalipun," tutur Nachrudin Ramali, ketua panitia penyelenggara SCOPA 2003. Tak heran kalau tema yang diangkat dalam kompetisi kali ini yaitu "It's time to show off your magic talent" - inilah saat yang tepat untuk memamerkan kebolehan Anda melakukan 'sihir'. "Di tengah hantaman krisis ekonomi dimana banyak bisnis yang macet, kami berharap para perancang grafis dan orang-orang kreatif harus tetap terpacu imajinasinya seperti laiknya seorang penyihir," jelas Nachrudin. Ia juga berharap agar para perancang grafis tidak buntu ide.








Manajemen SPJ menyadari, bahwa maju mundurnya bisnis kertas tak lepas dari perkembangan seni rancang grafis dan teknologi cetak, seiring dengan selera masyarakat yang kian meningkat akan pilihan kertas bermutu tinggi. Untuk itulah, dengan adanya kompetisi ini manajemen SPJ berharap akan terjadi peningkatan kualitas dari karya para perancang grafis di Indonesia

Dipersiapkan oleh Bizzcomm!

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
Sdr. Nachrudin Ramali
PT. Surya Palacejaya
Telp. : (021) 630-6106
Fax : (021) 631-9836
Website : www.suryapj.com



No comments: