May 14, 2004

Draft hadir di Indonesia, berupaya untuk mengembangkan Layanan Pemasaran Terpadu

JAKARTA, 14 MEI 2004 - Lowe & Partners Worldwide, salah satu jaringan perusahaan periklanan internasional terbesar, dan Draft, Inc, sebuah perusahaan integrated marketing services yang terkemuka, hari ini mengumumkan bahwa Lowe IMC di Jakarta secara resmi telah berganti nama menjadi Draft Indonesia. Lowe IMC adalah salah satu divisi Lowe yang menerjuni bisnis layanan pemasaran terpadu. Dengan beroperasinya Draft di Indonesia, maka hingga saat ini Draft memiliki 30 kantor yang tersebar di 24 negara.

Untuk informasi, pada bulan Maret 2003 Lowe dan Draft yang sama-sama merupakan anak perusahaan Interpublic Group (IPG), telah sepakat untuk membentuk kerja sama global. Walau demikian, tidak ada rencana merger di antara kedua perusahaan tersebut. Keduanya tetap merupakan perusahaan yang berdiri sendiri, baik di Indonesia atau di negara manapun.

Di Indonesia, pada 1989, Lowe mendirikan Lowe IMC untuk menyediakan solusi pemasaran menyeluruh (through-the-line marketing solutions) bagi kliennya. Saat ini Lowe IMC memiliki 33 karyawan untuk melayani 36 klien (data tahun 2003), antara lain Unilever, Mead Johnson, Hyundai, Johnson & Johnson, Sampoerna, ProXL dan Bank Niaga. Dalam pelayanannya Lowe IMC telah membuahkan berbagai pemecahan rekor dan perolehan penghargaan, baik nasional maupun internasional, antara lain penghargaan "Best of Country" dan Bronze Award dari Promotion Marketing Awards of Asia (PMAA), Asian PR Awards dan juga Guinness' World Records. Selain itu di dalam negeri juga meraih "The Best Music Variety Show" dari Panasonic Awards.


Lowe IMC juga telah menjadi pionir di dalam bidang promosi di Indonesia melalui event dan program Tok Tok Wow, Parade Bedug Sampoerna Hijau, AXE SedAXEion Party, Pepsodent School Program, dll.

Draft Indonesia dipimpin oleh Managing Director, Fary Farghob, yang mengawali kariernya di Radio Prambors tahun 1986. Tahun 1993 dia bergabung dengan Lintas sebagai Marketing Services Manager. Di sini Fary membuka Events Division, kemudian dia memegang Sponsored Program Unit yang memproduksi program TV lokal pertama di Indonesia yaitu Kuis Keluarga Lifebouy, yang menempati rating tertinggi dalam 5 tahun. Sejak saat itu, dia terus mengembangkan berbagai pelayanan termasuk rural communications dan retail communications. Berbagai kliennya termasuk Unilever, Johnson & Johnson, Nestle, Unicef, Bayer Aspirin, Coca Cola, Arnott's, BCA dan John Hopkins University.

Berbagai komentar positif pun dikeluarkan sehubungan launching Draft Indonesia ini. "Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis through-the-line sedang sangat berkembang di Indonesia," ujar Eleanor Modesto, Country Advisor Lowe Indonesia. "Dan perubahan Lowe IMC menjadi Draft bukanlah sekadar perubahan nama. Draft adalah perusahaan marketing service yang sukses di dunia, yang menawarkan kemampuan dan pengetahuan untuk meraih sukses, sementara Lowe memfokuskan diri pada bisnis utamanya, yaitu sebagai perusahaan periklanan kreatif."

"Kami tertarik dengan potensi kerja sama kami dengan Draft sebab klien berkembang mencari agensi yang menawarkan solusi menyeluruh di Indonesia dan dimana pun," ujar Jerry Judge, Chief Executive Officer Lowe & Partners Worldwide dan President & CEO Lowe Plus Draft Partnership. "Promosi langsung dan menyeluruh yang merupakan keistimewaan Draft berbeda dengan periklanan. Ada hal-hal lain yang kompleks dan dijalankan dengan serius dalam bisnis mereka serta kemampuan yang kuat dalam mempertahankan peningkatan pangsa pasar bagi klien."

"Di Amerika, Draft telah tumbuh menjadi agensi promosi dan pemasaran terbesar setelah 26 tahun, tetapi untuk negara-negara lain di dunia kami berada dalam tahap perkembangan yang berbeda-beda," ujar Howard Draft, Chairman dan CEO Draft Inc & Chairman Lowe Plus Draft. "Di sisi lain, Lowe memiliki jaringan yang luas dan reputasi yang baik sebagai salah satu agensi paling kreatif di dunia. Kami saling melengkapi dan telah saling membantu di pasar yang beragam. Obsesi kami adalah melakukan yang terbaik dan memberikan pemecahan masalah yang tepat bagi klien kami."

Untuk menjalankan bisnisnya, Lowe Indonesia & Draft Indonesia menempati kantor yang berbeda di gedung yang sama di Lowe House, Jl Sultan Hasanuddin 47-51, Jakarta Selatan.

Tentang Kemitraan Lowe & Draft

Sejak mengumumkan secara resmi kerja sama global mereka pada Maret 2003, Lowe dan Draft selalu memfokuskan diri untuk menemukan klien dengan program komunikasi through-the-line yang strategis. Kedua agensi mendapatkan peningkatan pendapatan dengan saling menghubungkan klien yang telah dimiliki di pasar Amerika, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, Belgia, Belanda, Singapura, Thailand, Australia dan lain-lain serta memenangkan bisnis baru.

Tentang Lowe
Lowe & Partners (www.loweworldwide.com) didirikan oleh Frank Lowe di London tahun 1981. Dimulai dengan 5 orang yang berkantor dalam 2 ruangan, mereka berambisi untuk membangun jaringan agensi global terkemuka dengan produksi iklan yang efektif dan berkualitas. Saat ini Lowe adalah salah satu dari 10 jaringan agensi terbesar di dunia. Memiliki kartor di lebih dari 90 negara dengan reputasi internasional dan memiliki kinerja kreatif untuk membangun brand yang dimiliki para klien.

Tentang Draft
Draft (www.draftworldwide.com) yang didirikan pada tahun 1978, saat ini merupakan agensi yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang direct marketing, promosi, digital, retail serta strategi branding. Draft memiliki global positioning yang unik, yaitu "The Science Behind The Success", yang didapat dari proses "Behavior Path Marketing" yang diperoleh dari data kuantitatif dan konsumen yang tak terhingga selama 25 tahun serta naluri bisnis ke bisnis untuk mengembangkan program komunikasi dengan hasil yang memuaskan.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
Eleanor Modesto
Lowe Plus Draft
Lowe House 4th Floors
Jl. Sultan Hasanuddin Kav. 47 - 51
Jakarta 12160
Indonesia
Phone: 6221-7254859

----------------------------

Sekilas Profil
Fary M. Farghob
Managing Director Draft Indonesia

Seiring bergantinya nama Lowe IMC menjadi Draft Indonesia pada awal 2004, diikuti dengan penunjukan Fary M. Farghob sebagai Managing Director perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan pemasaran terpadu ini. Ia bertanggung jawab penuh pada langkah-langkah operasional dan pengembangan usaha Draft di Indonesia. Ia juga dipercaya untuk menjabat sebagai Regional Activation Director Lowe + Draft Asia Pacific.

Pria kelahiran Bandung 36 tahun lalu ini sebelumnya menjabat sebagai Director Lowe IMC. Usai meraih gelar sarjana dari FMIPA UI, ia mengawali kariernya di Radio Prambors tahun 1986. Tahun 1993 dia bergabung dengan Lintas sebagai Marketing Services Manager.

Di Lintas Fary membuka Events Division, kemudian dia memegang Sponsored Program Unit yang memproduksi program TV lokal pertama di Indonesia yaitu Kuis Keluarga Lifebouy, yang menempati rating tertinggi dalam 5 tahun. Sejak saat itu, dia terus mengembangkan berbagai pelayanan termasuk rural communications dan retail communications. Berbagai kliennya termasuk Unilever, Johnson & Johnson, Nestle, Unicef, Bayer Aspirin, Coca Cola, Arnott's, BCA dan John Hopkins University.

No comments: