Jan 25, 2005

National Geographic persembahkan kehidupan laut pada pameran "Deep Sea Geography"

Jakarta, 25 Januari 2005 - Hari ini fotografer majalah National
Geographic Emory Kristof menggelar pameran foto bertema Deep Sea Photography. Emory adalah fotografer majalah National Geographic selama 30 tahun (1964-1994), dan sekarang menjadi seorang kontributor in residence untuk majalah yang sama.

Sekitar 40 foto dari kedalaman 50 hingga 4000 meter, yang diambil di berbagai lokasi di Benua Artik, Jepang, Kalifornia, Bermuda, hingga Danau Baikal di Rusia, dipersembahkan kepada publik di Indonesia hingga tanggal 28 Januari 2005. Sebagian besar foto-foto tersebut, menurut penuturan Emory dipotret dengan menggunakan robot dan kamera yang dirancang khusus untuk mampu bertahan dan memotret dengan baik di laut dalam. Karena kondisi khusus tersebut, semua peralatan fotografi yang dipakai Emory memerlukan modifikasi khusus dan berharga sangat mahal, dengan ide rancangan Emory sendiri, dibantu para insinyur dan ilmuwan. " Selama 30 tahun saya telah menjadi pakar keteknikan foto dibandingkan menjadi fotografer," kata Emory.

Salahsatu karya foto laut dalam Emory yang fenomenal adalah foto
reruntuhan kapal Titanic, yang berhasil dipotret untuk pertama kalinya setelah tenggelam menghantam gunung es di Cape Race, Newfoundland tahun 1912. Foto-foto lain yang tak kalah fenomenal adalah berbagai biota laut dari perairan yang tak pernah tersentuh sinar matahari, dan beberapa diantaranya termasuk dalam spesies baru dan masih misterius.

Emory telah membuat 39 artikel untuk majalah National Geographic, dan telah menerima berbagai penghargaan di bidang fotografi. (lihat biodata Emory di halaman lain press release ini)

Tahun ini Emory merencanakan sebuah ekspedisi di perairan Laut Banda, di Kepulauan Maluku. Ekspedisi tersebut akan memetakan penyebaran biota laut secara vertikal. Dan menurut informasi yang dikeluarkan oleh tim ekspedisi Banda, survey tersebut merupakan yang pertama dilakukan di kawasan Banda dan sekitarnya. Dalam ekspedisi tersebut, akan ikut pula enam lembaga penelitian luar negeri dan para peneliti dari Indonesia.

Emory akan membawa semua peralatan canggihnya ke Banda untuk
menyebarkan pengetahuan baru kepada dunia mengenai kekayaan laut
dalam Indonesia, khususnya laut Banda.

BIODATA EMORY KRISTOF

Fotografer in residence Majalah National Geographic

Emory Kristof dikenal sebagai pelopor dan inovator di bidang
fotografi bawah air dengan menggunakan robot kamera dan remotely
operated vehicles (ROVs). Kristof menciptakan desain awal untuk
system elektronik kamera yang dipasang di ROV Argo, yang berhasil
memotret bangkai Titanic untuk pertama kalinya.

Ia memimpin sebuah survey fotografi bangkai kapal perang Alabama milik tentara Konfederasi, tahun 1992 di perairan Perancis. Tahun 1993 ia juga ikut ekspedisi bangkai kapal San Diego, kapal dagang asal Spanyol dari abad ke-16, yang karam di perairan Filipina. Di tahun 1995 ia memimpin ekspedisi pengangkatan kapal Edmund Fitzgerald dari Amerika Serikat, dan menayangkan dalam sebuah cuplikan liputan televisi berkualitas tinggi mengenai kehidupan di laut dalam.

Karya fotografinya telah membuka dan menggali kehidupan di dunia laut dalam. Artikel Kristof dan Bill Cursinger berjudul "Mengetes Perairan Rongelap" telah dipublikasikan di majalah National
Geographic edisi April 1998. Kisah itu mengungkapkan kehidupan
bawah air di perairan Kepulauan Marshall yang telah terkontaminasi limbah nuklir. Bulan Agustus 1991, foto-foto Kristof tentang Titanic muncul di majalah National Geographic dalam artikel berjudul "Tragedi Dalam Tiga Dimensi". Foto tersebut diambil tahun 1991 menggunakan sistem pencahayaan densitas tinggi, yang menghasilkan detil yang sangat luarbiasa melalui penyuntingan melalui komputer 3-Dimensi.

Kristof lahir tahun 1942, masuk jurusan jurnalistik di Universitas Maryland di College Park dan meraih gelar sarjana tahun 1964. Ia menjadi fotografer majalah National Geographic selama periode 1964-1994, dan telah menulis 39 artikel untuk majalah itu.

Karya Kristof telah memenangkan banyak penghargaan, baik dalam bidang tulisan maupun fofografi, termasuk NOGI Award for Arts dari Underwater Society of Amerika tahun 1988, dan Explorers Club Lowell Thomas Award dari Underwater Exploration tahun 1986. Dalam tahun yang sama, Kristof dan Robert Ballard menerima American Society of Magazine Publishers Innovation in Photography Award untuk foto-foto yang mereka hasilkan dari ekspedisi Titanic.

Kristof juga dihadiahi J.Winton Lemen Fellowship Award tahun 1998
oleh U.S. National Press Photographers Association yang mereka sebut sebagai, "salah seorang dalam profesi kita yang paling inovatif dan imajinatif, dengan minat yang sangat khusus dalam foto-foto dari kedalaman samudera,yang dipersembahkannya kepada pembaca majalah National Geographic."

Untuk keterangan lebih lanjut:
Bayu
Staf Redaksi National Geographic Magazine-Indonesia
Email: bayu@gramedia-majalah.com
Phone: 021-533-0170

No comments: