Mar 1, 2005

LG Electronics mencatat penjualan 10 juta AC

Jakarta, 1 Maret 2005 – LG Electronics (LGE), sebagai produsen air conditioner terkemuka dunia, berhasil mencatat penjualan 10 juta unit AC selama tahun 2004. "Keberhasilan ini merupakan prestasi puncak dan baru pertama kali di dunia karena belum ada catatan yang menyamai angka tersebut," ujar General Manager Sales & Marketing PT. LG Electronics Indonesia (LGEIN), Sung Khiun di Jakarta saat menyampaikan informasi yang diperolehnya dari Japan Air Conditioning, Heating & Refrigerator News (JARN).

Dalam jurnal bisnis bidang AC, JARN, disebutkan perusahaan riset
pasar kelas dunia, Fuji Keizai melaporkan LGE berhasil menjual lebih dari 10 juta unit AC serta menguasai 20 % market size pasar AC dunia yang mencapai 52 juta unit sepanjang 2004. "Keberhasilan LGE yang sangat mengesankan ini diraih dalam kompetisi yang sangat ketat sejalan dengan makin banyaknya produk AC dari Cina maupun persepsi di masyarakat bahwa
produk dari Jepang lebih canggih teknologinya," papar Sung Khiun.

Di tahun 2004 lalu pun LGE berhasil menciptakan seri "2 in 1 plus" yaitu peningkatan kualitas dari seri sebelumnya bernama "2 in 1". Sistem ini secara umum memungkinkan dua unit AC indoor dengan satu unit outdoor. Yang membedakan dengan seri terbaru adalah telah dilengkapinya penyaring udara pada sistem kerja unit AC. "Dengan harga jual sama, produk AC LG jenis ini banyak diminati konsumen karena lebih efisien," tukas Sung Khiun.

Dari Importir Menjadi Nomor Satu

Menurut Head of Public Relations LGEIN, Widi Nugroho Sahib,"LGE
memulai bisnis AC pada tahun 1968 di saat kondisi dalam negeri Korea Selatan mengalami ketergantungan sangat besar terhadap produk impor." Tekad menekuni bisnis AC itu, lanjut Widi, diikuti keberhasilan pada tahun 2000 dengan meluncurkan model baru bernama "Digital Whisen" yang unggul dengan teknologi lapisan plasma guna melindungi lebih lama komponen teknisya.

Sekalipun bila dibandingkan dengan Jepang dan Amerika Serikat yang lebih dulu masuk bisnis AC dunia, LGE terhitung masih baru sebagai produsen berskala global, namun berkat kegigihan melalui beragam krisis selama 30 tahun lamanya, AC LGE dapat dikenal di seluruh dunia.

Berbagai upaya dilakukan LGE hingga berhasil mencatat angka penjualan AC sebanyak 4,1 juta unit di tahun 2000, kemudian 4,9 juta unit selama tahun 2001 dan 6,7 juta unit pada tahun 2002. Setahun kemudian 8 juta unit AC terjual sampai akhirnya tahun 2004 lalu meraih angka 10 juta unit di seluruh dunia. "Langkah LGE untuk meraih prestasi itu diperoleh lewat jaringan penjualan di 148 negara," tandas Sung Khiun. Posisi nomor satu dalam penjualan AC pun dipertahankan LGE di lebih 40 negara
diantaranya Korea Selatan, Amerika Serikat, Rusia, Australia, dan Arab Saudi.

Kini LGE bertekad agar di masa depan dapat melanjutkan prestasi
penjualan AC itu dengan berusaha menduduki posisi puncak di pasar global.

Latar belakang yang menjadikan LGE meraih posisi nomor satu adalah :
1. Periode penjualan selama 5 tahun berturut - turut
2. Memastikan kecanggihan teknologi terbaik di dunia lewat
keunggulan inovasi
3. Strategi pemasaran yang berbeda di masing-masing wilayah di
dunia
4. Dukungan karyawan LGE yang memiliki motivasi kerja yang tinggi

Paparan tersebut menunjukan gigihnya LGE untuk meriah prestasi
penjualan AC di dunia. Berikut grafik angka penjualan AC LGE
dibanding penjualan AC secara kumulatih di seluruh dunia.

No comments: