Sep 30, 2006

Violinis Maylaffayza dan pentingnya brand

From: Maylaffayza Management
E-mail: maylaffayza.management@gmail.com


Violinis Maylaffayza sebagai Premium Brand

Jakarta – "Brand" untuk seorang artis seperti Maylaffayza merupakan hal yang sangat penting dalam karirnya sebagai violinis. Walaupun istilah ini lebih populer di kalangan pebisnis, pentingnya brand pun telah lama Maylaf pikirkan dan juga implementasikan.

"Brand Maylaffayza adalah seorang violinis papan atas yang menyajikan musik pop dengan instrument klasik biola yang dinamis dengan citra yang elegan, seksi dan energik. Para klien kami biasanya adalah produk atau layanan yang membidik pangsa pasar upper-end dengan tingkat sosial-ekonomi tinggi" ujar Yasha Chatab, manager Maylaffayza. "Namun ini bukan berarti kami membatasi klien-klien kami, bahkan kami pastinya ingin agar Maylaffayza dapat disukai oleh semua kalangan," tambahnya.

Maylaffayza bukanlah sosok baru di dunia entertainment, dan ternyata dalam kariernya sebagai soloist, ia telah berhasil membangun brand nya dengan usaha yang keras.
"Sejak aku masih dibayar Rp 250 ribu di tahun 90an hingga fee sekarang yang sudah berpuluh kali lipat, aku selalu berusaha untuk tampil terbaik, mulai dari permainan di panggung, aksi panggung, kostum, dan tata rias. Semua ini merupakan hal-hal yang harus ditanggapi secara serius" menurut Maylaf. Ia juga mengungkapkan bahwa sulit untuk seorang instrumentalis untuk bisa exist di industri musik mainstream yang didominasi vokalis dan band, dan bahwa semua hal yang ia telah bangun merupakan bagian dari strategi untuk mencapai puncak.

Permainan biola Maylaffayza merupakan hasil didikan antara lain maestro biola Idris Sardi, dan juga dosen musik internasional Dr Sharon Eng. Sementara kostum panggung Maylaffayza yang selalu tampak mahal dengan aneka payet dan glitter tak lain merupakan hasil karya ibunda nya sendiri. Walaupun kualitas kostumnya sangat tinggi sekelas adi-busana, namun biaya yang dikeluarkan hanyalah pada pada materi bahan yang cukup mahal. Maylaf mengaku sangat beruntung mempunyai ibu yang sangat kreatif dan suportif untuk penampilannya.

"Artis seperti Maylaffayza sudah lebih dari hanya musisi, namun merupakan brand yang telah cukup matang dan selama ini Maylaf telah terus membangun brand-nya dan juga secara konsisten men-deliver brand promise-nya. Ini semua berperan dalam meningkatkan brand equity-nya.", kata Daniel Surya, pakar branding dari Landor Associates. "Apabila klien menyewa jasanya sebagai pengisi acara dalam suatu event, yang terjadi adalah brand dari klien berdampingan dengan brand Maylaffayza. Apabila kedua brand tersebut berada pada level yang sama, maka mereka saling mendukung. Namun bila ternyata premium brand seperti Maylaffayza lebih "tinggi" kelasnya dibandingkan brand
klien, maka otomatis klien akan terdongkrak brand value nya".

Hal semacam inilah yang mendorong banyak produk dan layanan untuk mencari icon atau brand ambassador dari kalangan selebritis sebagai endorser. Namun biasanya selebritis dipilih hanya berdasarkan popularitas, dan sering terkesan tidak cocok dengan produk atau layanan yang dijual. "Hubungan selebriti dengan brand produk tertentu sudah seperti co-branding, dan masing-masing harus mendapat benefit untuk brand nya dengan kerjasama tersebut. Kedua pihak harus berhati-hati dalam memilih partner, dan selebriti pun juga harus menjaga eksklusivitasnya. Bila sudah mengendorse mobil kelas A, janganlah juga menjadi spokesperson untuk obat nyamuk bakar kelas C. Itu akan mengacaukan brand positioning nya" menurut Daniel Surya.

Bila berbicara brand, salah satu istilah baru yang dipakai dalam komunikasi pemasaran adalah brand mantra, yang secara umum berarti strategi suatu brand untuk meningkatkan brand equity. Tentang istilah itu, Maylaf berkomentar, "Untuk saat ini, Mantra yang aku andalkan adalah laguku yang berjudul Mantra untuk album solo ku yang belum dirilis. Lagu ini sangat sulit dimainkan, tapi nuansa dan emosi yang diciptakan sangat dahsyat"

Maylaffayza tengah menyiapkan album solo perdananya. Album bernuansa pop ini terdiri dari lagu instrumental dan juga vokal yang dinyanyikan oleh Maylaffayza sendiri. Ia masih mencari investor untuk turut mendanai proyek besar ini, yang tentunya akan mengubah peta musik di Tanah Air.

----------------------------

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Yasha – Maylaffayza Management
0855 88 92742 / 021 926 52895
http://maylaffayza.multiply.com
http://www.flickr.com/photos/maylaffayza/

No comments: