Nov 30, 2007

Dua karya tangguh dalam Citra Pariwara 2007

Untuk segera diberitakan

PRESS RELEASE


Jakarta, 30 November 2007 – Kekhawatiran terhadap tidak adanya kemenangan emas setelah terpilihnya 41 finalis dari 700 entry kategori Utama, dan 43 finalis dari 178 entry Craft (kriya), terjawab sudah. Emas berhasil diraih dalam kategori Utama Citra Pariwara 2007. Malam Anugerah Citra Pariwara 2007 yang digelar tanggal 30 November 2007, di Upperroom Annex Building Lt.12, hotel Nikko, Jakarta mengumumkan kemenangan emas bagi kategori iklan radio untuk Prambors Rasisonia yang digarap McCann Ericson dan Iklan Integrated Media untuk Museum Wayang Indonesia yang digarap oleh JWT Indonesia.

“Secara keseluruhan, hasil penyelenggaraan Festival Periklanan Indonesia Citra Pariwara 2007, ini cukup memuaskan. Antusiasme generasi muda periklanan Indonesia tercermin pada setiap seminar dalam rangkaian festival. Mengenai hasil penjurian Citra Pariwara, memang belum memuaskan tetapi itulah kenyataan capaian kreatif periklanan Indonesia saat ini yang merupakan capaian terbaik kreatif periklanan Indonesia hingga masa sekarang. Kita masih harus terus belajar dan jangan pernah berpuas diri,” ungkap Narga Habib, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) saat konferensi pers di sela-sela acara Malam Anugerah Citra Pariwara 2007.

Ketatnya penjurian Citra Pariwara 2007, dengan menghadirkan para juri yang berpengalaman sebagai pemenang award dan juri festival kreatif periklanan regional dan manca negara dirancang untuk mewujudkan visi industri periklanan Indonesia, dalam hal kreativitas: “Aim Higher”(Meraih Lebih Tinggi). Ricky Pesik, Ketua Citra Pariwara 2007 menegaskan bahwa
konsekuensi para insan kreatif periklanan Indonesia setelah hasil Citra Pariwara 2007, menjadi lebih berat untuk bisa terus berlaga di Citra Pariwara tahun-tahun berikutnya. “ Justru di sini, nilai perjuangannya.

Kreatif periklanan Indonesia, sudah bangkit, dan harus dipertahankan untuk terus maju menunjukkan capaiannya dalam level yang lebih tinggi.”

Citra Pariwara telah duapuluh satu tahun melahirkan kemenangan iklan-iklan kreatif, dan baru pada tahun 2007 (sebelum CP 2007 digelar), berhasil melahirkan kemenangan kreatif periklanan manca negara, di Asia Pacific (AP) Ad Festival dan Cannes (sebuah festival
periklanan dunia di Perancis) oleh kejayaan JWT Indonesia dan Draft FCB Indonesia. Ridwan Handoyo, Koordinator Penjurian CP 2007 menjelaskan bahwa apresiasi tim juri kali ini, berhasil memberikan gambaran nyata kualitas kreatif periklanan Indonesia. “Begitu banyak entry yang masuk, begitu sedikit yang terpilih jadi finalis, namun terpuaskan oleh apresiasi yang nyata”. Menurut Ridwan, para Juri pula berkomentar bahwa kreatif periklanan Indonesia
menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Utamanya, dalam craft (kriya).

Mewakili tim juri, Hoh Woon Siew, menyatakan bahwa para pemenang hasil penjurian Citra Pariwara 2007 adalah entry-entry yang memang layak berkompetisi di festival-festival kreatif periklanan manca Negara.

Malam Anugerah Citra Pariwara 2007, mengumumkan juga para peraih: Agency Terbaik: JWT Indonesia; Production House terbaik: 25frames; Advertiser terbaik (Pemasang Iklan): Prambors Rasisonia dan Museum Wayang Indonesia.

Gelaran Festival advertising Indonesia Citra Pariwara 2007, juga bergiat menghasilkan generasi baru kreatif periklanan Indonesia. Pasangan Daun Muda Award (pasangan Art Director dan Copywriter di bawah 30 tahun yang sudah bekerja di lingkup kerja advertising) yang terpilih mewakili Indonesia di ajang “Young Lotus”, AP Adfest, Pattaya pada tahun 2008 adalah:
Iswanda Mardio dan Dimaz Muktiarto dari Publicis Indonesia. Sedangkan bagi generasi baru kreatif periklanan yang masih di bangku kuliah – BG Award (baca: Biji Award), terpilih pasangan insan kreatif periklanan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu Gold: M. Reza Ahmady dan Atmanto Gunara; yang juga akan diberangkatkan ke AP Adfest, Pattaya 2008.

Djito Kasilo, koordinator Daun Muda dan BG Award menjelaskan bahwa seleksi generasi baru dilakukan dengan workshop untuk membangun pola pemikiran strategis komunikasi periklanan. Pendalaman terhadap pemikiran strategis ini memiliki kadar berbeda dalam masing-masing workshop Daun Muda dan BG Award. “Hal ini mengingat pada Daun Muda Award, para peserta sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang periklanan, “ jelasnya.

Irfan Ramli, Sekretaris Jendral PPPI, menjelaskan bahwa Festival Periklanan Citra Pariwara akan terus digelar di masa-masa mendatang, dengan peningkatan capaian yang lebih baik berkaitan dengan prestasi kreatifitas periklanan di manca negara dan membangun regenerasi insan periklanan kreatif berkualitas di dalam negeri. Irfan Ramli atas nama asosiasi PPPI,
juga mengharapkan dukungan para pihak (stakeholders) industry periklanan untuk mewujudkan Citra Pariwara terus berlanjut, baik dari pihak media (cetak dan elektronik), production house, percetakan dan lain-lain yang telah membantu terselenggaranya Citra
Pariwara 2007 ini.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Ricky Pesik – Ketua Citra Pariwara 2007 – 0815 1380 2980
Anita Kastubi – Komunikasi dan Humas Citra Pariwara 2007 – 0815 964 0110

No comments: