Nov 29, 2007

Harvestindo luncurkan reksa dana untuk pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM)

PT Harvestindo Asset Management meluncurkan produk reksa dana yang diberi nama Harvestindo Istimewa. Acara tersebut berlangsung pada hari Rabu (28/11) di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta. "Yang menjadi keistimewaan dari reksa dana Harvestindo Istimewa adalah mayoritas dana yang dikelola akan diinvestasikan terhadap surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM) yang dijamin oleh lembaga penjaminan. Dengan kata lain, risiko pemegang unit penyertaan Harvestindo Istimewa menjadi semakin minimal karena yang menjadi sasaran investasi (underlying) adalah surat utang yang sudah memperoleh jaminan dari lembaga penjaminan," tutur Direktur Utama Harvestindo Asset Management T. Helmy Azwari.
Helmy menambahkan, bahwa keistimewaan lain dari reksa dana Harvestindo Istimewa adalah Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) diprediksi terus meningkat karena kontribusi terbesar dari pendapatan investasi adalah pendapatan tetap berasal dari diskonto pembelian surat utang yang telah memiliki sertifikat penjaminan dari lembaga penjaminan. Dengan pendapatan yang tetap (fixed), portfolio Harvestindo Istimewa tidak terpengaruh fluktuasi pasar yang volatile tersebut. Praktis tingkat keamanan investor dalam Harvestindo Istimewa sangat tinggi dengan hasil investasi yang juga sudah bisa diprediksi.
Menurut Helmy, sekitar 75 persen dari total dana kelolaan akan diinvestasikan pada surat utang jangka pendek yang telah dijamin lembaga penjaminan tersebut. Sebanyak 25 persen sisanya bagi produk pasar uang dan pasar konvensional lainnya. Dengan komposisi investasi tersebut, reksa dana ini tergolong sebagai Reksa Dana Campuran.
"Pertumbuhan industri reksa dana di Indonesia dewasa ini cukup pesat. Diperkirakan dana yang dikelola reksa dana saat ini mencapai Rp 150 triliun, dengan investasi baik pada instrumen pasar modal maupun pasar uang dengan berbagai variasinya," jelas Herawan Moedjenan, Associate Director PT. Harvestindo Asset Management. "Kian membaiknya iklim
investasi yang kian kondusif ini, menjadikan tuntutan terhadap produk investasi yang lebih spesifik makin dibutuhkan. Industri reksa dana ini tidak mungkin lagi tergantung produk- produk investasi konvensional yang sudah ada. Perlu inovasi agar industri reksa dana yang tengah berkembang ini tidak layu sebelum berkembang karena kejenuihan masyarakat atas produk-produk konvensional," papar Herawan.

Pengembangan UKM dan Sektor Riil
Keistimewaan lain dari Harvestindo Istimewa adalah makin terbukanya peluang pendanaan bagi UKM dari pasar modal. Reksa dana ini akan menjadi bridging finance bagi UKM yang membutuhkan dana untuk modal kerja. Pendeknya lewat reksa dana ini, tidak ada istilah UKM tidak memiliki modal kerja selagi UKM ini, selaku issuer, membuat surat hutang (promissory notes) yang dijamin oleh Lembaga Penjaminan.
Sertifikat Penjaminan itu yang menjadi sasaran investasi dari reksa dana ini. Diharapkan reksa dana ini akan lebih mendukung aktivitas bisnis perusahaan menengah, sebagaimana yang diharapkan pemerintah. "Kami optimis tujuan memajukan UKM akan bisa diwujudkan sehingga pasar modal sebagai alternatif pembiayaan bagi seluruh skala bisnis yang ada bisa
terakomodasi," kata Helmy.
Helmi juga mengatakan bahwa dibentuknya reksa dana ini adalah untuk menepis opini berbagai kalangan yang mengatakan bahwa pasar modal hanya untuk mendanai perusahaan-perusahaan besar serta kesan bahwa pasar modal sektor riil secara nyata. Anggapan itu mungkin ada benarnya. "Yang go public saat ini adalah perusahaan-perusahaan besar. Ketatnya aturan listing serta alasan efisiensi, menjadi kendala bagi para UKM untuk mendapat dana secara langsung di pasar modal (lewat IPO -Red). Karenanya dengan kehadiran Harvestindo Istimewa ini bisa menghilangkan handicap tersebut," tutur Helmy.
Rencananya, dari reksa dana ini akan diterbitkan sebanyak Rp 1 triliun. Reksa dana ini telah memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK pada 22 September 2007 lalu. Sponsornya antar lain dana pensiun dan perusahaan asuransi serta sejumlah lembaga lainnya. Diantaranya PT Asabri, Dana Pensiun Asuransi Jasa Indonesia, Dana Pensiun Bank Bukopin, Dana Pensiun Mitsubishi Krama Yudha Motor, AJ Bumi Asih, Dana Pensiun Gani Djemat dan Partner. Dari dana sponsor sudah terkumpul sekitar 0,73 persen dari total Rp 1 triliun yang akan dikeluarkan, atau setara Rp 73 miliar.

Sekilas tentang Reksa Dana HARVESTINDO ISTIMEWA
Reksa Dana Harvestindo Istimewa adalah reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Kontrak Investasi Kolektif HARVESTINDO ISTIMEWA dituangkan dalam Akta nomor 12 tanggal 24 Agustus 2007 yang dibuat dihadapan Yunisa Martanti, SH, Notaris di Jakarta antara PT. Harvestindo Asset Management sebagai Manajer Investasi dan PT Bank International Indonesia (BII) sebagai Bank Kustodian.
Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi:
Herawan Moedjenan
Associate Director
PT. Harvestindo Asset Management
Mobile: 0818-08186604, (021) 7123-9044

No comments: