Dec 10, 2007

Seminar Publik
Menguak Misteri Di Balik Berita
“KASUS PAJAK ASIAN AGRI”

Pertaruhan Kredibilitas, Nama Baik dan Obyektivitas

Hotel Sultan, Golden Ballroom, Selasa 18 Desember 2007, Pkl. 12.00 s/d 16.00 WIB

Pemberitaan media massa mengenai pajak Asian Agri merupakan berita yang cukup unik, bukan saja karena besarnya pajak, terakhir dikatakan Rp 1,3 Triliun -- kalau benar demikian adanya -- tetapi juga karena, berita yang dimunculkan oleh Majalah dan Koran TEMPO ternyata di kemudian hari memunculkan misteri di balik pemberitaan.

Asian Agri merasa bahwa pemberitaan TEMPO tendensius, tidak berimbang, tidak cover both sides dan memuat unfairness news dan oleh karenanya Asian Agri telah mengadukan permasalahan ini kepada Dewan Pers.

Selain itu, Asian Agri juga telah meminta Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dan Pusat Pengkajian & Penelitian Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universtias Indonesia, Jakarta untuk melakukan kajian ilmiah atas pemberitaan-pemberitaan TEMPO tersebut. Hasil riset itu harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah di muka publik dan terbuka untuk diperdebatkan, dipertanyakan serta didiskusikan.

Langkah Asian Agri yang meminta lembaga peneliti independen untuk melakukan kajian ilmiah atas suatu pemberitaan merupakan pendekatan baru dan perlu didukung karena memberikan kesempatan pembelajaran bagi media dan publik. Lebih jauh lagi, pemaparan hasil kajian ilmiah secara terbuka ini yang mempertaruhkan kredibilitas serta nama baik lembaga-lembaga peneliti juga sangat penting untuk dihargai sebagai upaya untuk membangun KEBEBASAN PERS yang beretika dan merupakan salah satu landasan demokrasi.

VELOXXE CONSULTING® diminta oleh Asian Agri untuk menyelenggarakan seminar pemaparan hasil kajian ilmiah yang telah dilakukan oleh dua lembaga tersebut pada Selasa, 18 Desember 2007, pukul 12.00 s/d 16.00 WIB, Golden Ballroom - Hotel Sultan Jakarta.

VELOXXE CONSULTING® juga diminta untuk menjamin seminar berjalan secara obyektif, transparan, tidak memihak dan dapat diikuti oleh rekan-rekan media dan publik lainnya secara gamblang tanpa adanya rekayasa.

Oleh karenanya, untuk menjamin obyektivitas dalam berdiskusi dan independensi hasil kajian ilmiah, dalam seminar ini pula telah diundang beberapa pihak, termasuk TEMPO, untuk memberikan tanggapan hasil kajian ilmiah tersebut. Seminar terbuka ini dapat diikuti secara transparan oleh publik siapapun yang hadir.

Lebih jauh lagi, untuk menjamin obyektivitas, VELOXXE CONSULTING® telah meminta 2 (dua) orang praktisi media untuk bertindak sebagai Moderator jalannya seminar (debat) terbuka agar terlepas dari keberpihakan serta menjamin fairness bagi yang terlibat di dalam seminar ini.

Mungkin seminar (debat) terbuka ini -- antara obyek berita dan sebuah media -- merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia. Karena merupakan yang pertama kali, seminar terbuka ini tidak hanya merupakan budaya baru dalam bertukar pikiran, tetapi juga merupakan nilai baru bagi dinamika kehidupan pers di Indonesia. Kita semua berharap dapat belajar dari kasus ini dan tentu pada akhirnya, ini semua demi masa depan Indonesia yang kita cintai.

Pada bulan Januari 2008, akan diadakan seminar (debat) lanjutan yang bersifat terbatas dengan thema yang sama namun ditujukan untuk kalangan yang menggeluti komunikasi massa. Seminar pada bulan Januari tersebut akan membahas hasil kajian ilmiah -- yang dilakukan Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dan Pusat Pengkajian & Penelitian Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universtias Indonesia, Jakarta -- lebih komprehensif, lebih mendalam dan lebih mendetail.

Apa yang dilakukan Asian Agri ini bukan cerminan masalah antar personal tetapi masalah keseimbangan berita (fairness), keadilan (justice), kebenaran (truth) dan juga rasa untuk saling menghormati yang diperlukan oleh siapa saja tanpa harus berujung pada pembunuhan karakter (character assassination).

Ini merupakan komitmen dari Asian Agri untuk memberikan sumbangan pikiran dari kasus yang dialaminya agar bermanfaat bagi masyarakat media Indonesia dan publiknya.


Hormat kami,



a/n ASIAN AGRI

VELOXXE CONSULTING®


ttd


AM. Putut Prabantoro
Managing Partner

PEMBICARA

DR. Phil Hermin Indah Wahyuni, S. IP, M. Si
Ketua Jurusan
Ilmu Komunikasi FISIP
Universitas Gajah Mada - Yogyakarta

Dwi Urip Premono
Executive Director
Pusat Pengkajian dan Penelitian
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Indonesia - Jakarta

Prof. DR. Tjipta Lesmana, M. A.
Ketua Program Pasca Sarjana
Ilmu Komunikasi
Universitas Pelita Harapan - Jakarta

Bambang Harymurti (dalam konfirmasi)
Corporate Chief Editor
Tempo

Prof. Dr. Rudi Satrio Mukantardjo, S.H.,M.H.
Pakar Hukum Pers
Guru Besar Fakultas Hukum
Universitas Indonesia – Jakarta


MODERATOR

Sigit Setiono
Redaktur Pelaksana
Harian Warta Kota


Pasaoran Simanjuntak
Ketua Bidang Advokasi
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia

Catatan: Tempat tersedia untuk 250 orang, yang berminat hadir harap konfirmasi via email ke: debatterbuka@veloxxe.com

(Iklan yang sama telah dimuat di Bisnis Indonesia, Indopos, Investor Daily, Kontan, Media Indonesia, Rakyat Merdeka, Sinar Harapan, Suara Pembaruan, dan Warta Kota, pada Jumat 14 Desember 2007, dan akan dimuat di Harian Kompas Senin 17 Desember 2007.)

No comments: