Jan 16, 2008

Undangan: Doa dan Keprihatinan untuk Slamet

Doa dan Keprihatinan untuk Slamet
Rabu kemarin (16/1) lagi-lagi ada berita yang menyayat hati kita semua. Slamet seorang pedagang gorengan di Pasar Badak Pandeglang Banten terpaksa mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Ia tak tahan dengan tekanan hajat hidup yang semakin berat. Sebagai pedagang kecil pendapatannya terus menurun, sementara minyak tanah semakin sulit didapat dan harganya terus naik. Ditambah melonjaknya harga bahan-bahan pokok dagangannya: tempe, tepung terigu, tepung tapioka, sayuran dan minyak goreng.
Slamet adalah satu dari ribuan pedagang makanan yang terkena dampak dari buruknya pemerintah mengatur negeri ini. Tidak pernah jelas sampai sekarang bagaimana program pemerintah membantu masyarakat miskin. Yang ada justru setiap kebijakan pemerintah semakin membuat masyarakat miskin susah.
Manakala seluruh doa dan perhatian di negeri ini dipusatkan ke Soeharto, nasib Slamet semakin terpinggirkan, dan mungkin akan terlupakan. Peristiwa Slamet ini mengetuk hati kita, dan menggugah nurani bahwa hari demi hari masa depan rakyat kecil semakin tak pasti di negeri ini. Slamet adalah tumbal dari pembiaran dan ketidakpedulian, serta kesewenang-wenangan Pemerintah yang terus menerus berlangsung.
Untuk itu kami, Komunitas Utan Kayu, mengundang anda mengadakan doa dan keprihatinan untuk almarhum Slamet. Acara akan diadakan di Komunitas Utan Kayu, Jl Utan Kayu No 68H, Jakarta, Kamis 17 Januari 2008, pukul 19.00-selesai.
Acara akan diisi doa dan pencerahan oleh Musdah Mulia (ICRP, Islam), Bikhu Bhadravidya (Majelis Buddhayana Indonesia), Gomar Gultom (PGI), KH Wahid Maryanto (Pengasuh Pesantren), Benny Susetyo (KWI), Abd Moqsith Ghazali (Wahid Institute), Albertus Patty (GKI), Martin Sinaga (STT), Neng Dara Affiah (Fatayat-NU), Zafrullah Pontoh (JAI), dan tokoh-tokoh agama lainnya, yang kemudian ditutup dengan orasi keprihatinan oleh Goenawan Mohamad.


Mohamad Guntur Romli
Jl Utan Kayu No 68H, Jakarta
mohamad@guntur.name
http://guntur.name/

No comments: